Sunday 22 May 2011

Kehamilan KOSONG???

 Cik Tucin pun tepanjat ngan Tajuk ni...Kehamilan Kosong...??..ce bace arTikel yg Cik Tucin tiut @ Cik Miow2 kutip dari email....

Kehamilan kosong atau Blighted Ovum adalah keadaan dimana seorang wanita merasa hamil tetapi tidak ada bayi di dalam kandungan. pada wanita yang mengalami kehamilan kosong ia juga mengalami tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, pembesaran payudara, terlambat menstruasi bahkan test pack kehamilan pun menunjukkan tanda positif. Hal ini disebabkan karena plasenta juga menghasilkan hormon kehamilan yaitu human chorionic gonadotropin (HCG).


  • kehamilan kosong baru boleh diketahui setelah dilakukan pemeriksaan USG Transvaginal yang baru boleh dilakukan setelah 6-7 minggu. kehamilan kosong terjadi kerana janin yang sudah terbentuk tidak mampu berkembang sempurna. sehingga kandungan hanya berupa kantong yang berisi cairan. jika ibu dipastikan menderita blighted ovum maka langkah selanjutnya adalah mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim (kuretase).

  • ada beberapa sebab terjadinya kehamilan kosong, yakni adanya kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sel sperma.infeksi rubella, infeksi TORCH, kelainan imunologi, dan sakit kencing manis/diabetes melitus yang tidak terkontrol serta yang terakhir adalah usia suami istri yang kian tua dan semakin banyak jumlah anak. beberapa tips mencegah Blighted Ovum :

*
jaga kebersihan diri dan lingkungan
* lakukan imunisasi untuk menghindari masuknya virus rubella
* pastikan bunda dalam kondisi benar-benar sehat saat merencanakan kehamilan
* lakukan pemeriksaan kromosom
* periksa kehamilan secara rutin
* bagi calon ayah disarankan menghentikan kebiasaan merokok dan hidup sehat saat prakonsepsi.

4 comments:

mOon EyEzS said...

...owh..kena sOh b aku benti merOkok...

tucintiut said...

huhu...bagus tu...suh b ko isap bende len...

Prince Halilintar said...

salam kenal..

dtg dr blog moon..=)

MayaKirana83 said...

nini,thanx for this info,sgt berguna,... sblm ni kak mya xpnah tau pn sal kehamilan kosong ni...ngeri lak rasa...